Konfigurasi 1 server, 1 router, 2 switch, 4 client

Saya akan membuat konfigurasi pada Cisco Packet Tracer yaitu dengan1 Server, 2 Switch, 1 Router, serta 4 Client

Pertama Kita buat skema jaringannya terlebih dahulu


                                           skema yang saya buat


Disini kita buat ip servernya yaitu menggunakan IP Static


Kemudian kita ke Services, aktifkan terlebih dahulu (on) pada DHCPnya seperti itu konfigurasi yang saya buat, saya menggunakan default gateway dan DNS Servernya atau ip server yang sudah di buat sebelumnya 



Masih di services, selanjutnya setup DNSnya, saya menggunakan Nama server ALFARIZI.COM anda bisa membuat nama servernya dengan nama yang anda inginkan, kemudian pada Address-nya saya menggunakan IP server.



    Pada halaman HTTP anda bisa edit tetapi kalau tidak juga gapapa

    



    Sekarang konfigurasi PC client 1&2



Karena sebelumnya Server sudah di konfigurasikan DHCP lalu di skema terdapat       Switch yang mengarah ke server dan 2 client, maka client 1&2 kita gunakan IP       Obtain saja, atau jika mau menggunakan IP Static juga bisa tapi dengan network     yang sama sengan server. Client 2 juga kita Obtain sama seperti client 1.


Nah pada Server tadi saya sudah setup DNS alfarizi.com, maka selanjutnya kita coba akses pada PC client 1, apabila dapat diakses maka pada PC client 2 pun juga   dapat diakses.


    Selanjutnya masuk pada tahap konfigurasi Router



   Konfigurasi pada Router hanya kita aktifkan Port FastEthernet0/0 yang mengarah          ke Switch1 kemudian buatlah IP (IP Gatewaynya saja dengan subnet maksnya juga)        seperti pada gambar agar dapat membuka jalur akses untuk PC1 saling terkoneksi        dengan PC2. 



Sama seperti konfigurasi sebelumnya, kita aktifkan serta buatlah IP pada port FastEthernet1/0 yang mengarah ke Switch2, ikuti langkah seperti gambar diatas.


Setelah kita konfigurasikan pada kedua port selanjutnya kita cek konfigurasi yang telah kita buat yaitu dengan memasukan perintah do sh ip int br (do show ip interface brief). Apabila telah muncul konfigurasi yang kita telah buat tadi maka itu tandanya berhasil.

  • Selanjutnya masuk tahap konfigurasi Client 3&4
Selanjutnya kita masukkan IP Static pada client 3 yaitu dengan satu network yang telah kita buat pada Router atau pada port yang mengarah ke Switch2 sebelumnya.


Pada client 4 juga seperti itu kita buat IP Static seperti client 3.


Setelah semuanya di konfigurasi selanjutnya pada client 1 yang terhubung dengan Switch1 kita coba Ping ke client yang terhubung dengan Switch2 jika berhasil maka hasilnya seperti pada gambar diatas.


Sama seperti client 1 sekarang kita coba ping dari client 4 ke client yang terhubung dengan Switch1 maka hasilnya juga sama berhasil.


                                     TUGAS 2

Saya akan membuat konfigurasi pada Cisco Packet Tracer yaitu dengan mengandalkan 2 Router dengan kabel Serial Dce, 2 Switch serta 4 Client.




Langkah pertama kita konfigurasikan Router terlebih dahulu

Pertama masuk ke port FastEthernet 0/0, kemudian aktifkan portnya, lalu berikan IP Addressnya 14.14.14.1 /8 yaitu kita buat untuk mengarah ke Switch1 dan juga terdapat 2 client yang terhubung.


Selanjutnya masuk ke port Serial2/0 yaitu kita berikan IP Network Router2 yaitu 15.15.15.0/8 agar supaya client yang kiri dapat saling terkoneksi dengan client sebelah kanan.


Kemudian pada Router2 kita konfigurasi sama seperti Router1 hanya beda pada IP Addressnya saja pada port FastEthernet0/0 yaitu 15.15.15.1/8.

Kemudian masuk ke port Serial2/0 lalu kita masukkan IP Network Router1 yaitu 14.14.14.0/8. Agar supaya client yang kanan dapat saling terkoneksi dengan client sebelah kiri.


  • Selanjutnya kita ke tahap konfigurasi Client
konfigurasi IP Static pada client 1 dengan IP yang sudah di buat pada port FastEthernet0/0 di Router1  , Default Gatewaynya yaitu IP yang sudah kita daftarkan pada Router sebelumnya.


Begitu juga dengan client 2 kita buat IP Static.


kita konfigurasi IP Static pada client 3 dengan IP yang sudah di buat pada port FastEthernet0/0 di Router2 , Default Gatewaynya yaitu IP yang sudah kita daftarkan pada Router sebelumnya.


Konfigurasikan client 4 sama seperti client 3 


Kemudian setelah memberikan IP Static kita lakukan Ping dari client 1 dengan tujuan client 3&4. Jika berhasil maka akan seperti gambar dibawah.


Sebaliknya seperti itu kita Ping juga dari client 3 ke client 1&2. Jika berhasil maka akan seperti gambar dibawah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

konfigurasi static & dynamic routing

TUTORIAL PEMBUATAN PCB LAYOUT MENGGUNAKAN APLIKASI DIPTRACE