PENGENALAN MOBILE PROGRAMING ANDROID


Apa itu Android?

Android adalah sebuah sistem operasi yang dirancang oleh Google yang berbasiskan kernel Linux dan berbagai perangkat lunak Open Source lainnya serta biasa digunakan untuk perangkat dengan layar sentuh seperti smartphone dan tablet.
Walau Android adalah milik Google, Google tidak memungut biaya bagi siapapun yang ingin menggunakan Android karena Android adalah perangkat lunak open source. Hal ini sangat bertolak belakang dengan sistem operasi Windows 10 Mobile milik Microsoft, dimana perusahaan harus membayar royalti jika ingin menggunakan sistem operasi tersebut. Sedangkan iOS milik Apple hanya bisa digunakan di perangkat iPhone dan iPad saja dan Apple tidak merilisnya untuk perangkat lain.
Oleh karena itu, banyak sekali pihak atau perusahaan yang menggunakan sistem operasi Android. Jika anda bertanya, apa keuntungan yang di dapatkan Google dari Android? Google hanya mendapatkan keuntungan jika ada perusahaan yang mengunggah aplikasi mereka ke Play Store maupun iklan yang ada ketika anda menggunakan aplikasi atau game. Misalnya saja anda bermain Subway Surfer, tentu anda bisa melihat iklan disana.

Pengertian                        Pemrograman        Android
Pemrograman Android adalah pemrograman berbasis Java untuk membuat aplikasi pada device smartphone, tablet maupun device lainnya yang menggunakan sistem operasi berbasis Android. Untuk pemahaman nya, Android itu sistem operasi sama seperti Windows, Linux untuk PC.
Pemrograman Android adalah salah satu materi yang di cari saat ini oleh para pengembang aplikasi mobile. Banyak berbagai macam blog yang mengajarkan tutorial pemrograman android. Buku android pun banyak sekali yang terjual laris di beli oleh para calon programer.
Syarat Belajar Android
Terlebih dahulu kita bahas dulu syarat awal untuk belajar android, dalam hal penguasan bahasa pemrograman.
Belajar Bahasa Pemrograman Java
Java adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk development android apps secara native. Java adalah bahasa yang standar untuk pembuatan aplikasi Android. Jika anda tidak pernah belajar java, namun tiba tiba coding java di android, anda akan mengalami kesulitan. Konsep seperti Class, Package, access modifier(public/prifat) dan konsep lain harus anda pelajari dulu. Satu hal lagi, Java juga menganut konsep Pemrograman Berorientasi Object (OOP). Ada terkadang seseorang dalam belajar Android, langsung saja download source code istilahnya Copy Paste dan programnnya jalan, namun anda akan kesulitan ketika membuat program android dari awal dan akan sulit memahaminya struktur coding nya.
Namun, jika anda kurang menguasai bahasa Java, bisa juga menggunakan bahasa pemrograman lain misal Html5, Javascript dan apps dicompile menggunakan javascript library semacam phonegap.
Belajar Bahasa XML
Xml adalah bahasa markup yang banyak dipakai untuk berbagai keperluan. XML dipakai di Webservice, Konfigurasi, Layout dan berbagai keperluan lain di dunia programming. XML sebenarnya tidak susah untuk dipelajari. Yang perlu anda pahami hanya aturan aturan dasarnya saja dan bagaimana cara menulis XML dan cara membacanya. XML di android untuk desain tampilan sebuah aplikasi.
Tools Pengembangan Aplikasi Android
Berikut tools yang digunakan untuk pembuatan aplikasi Android.
IDE Eclipse
Eclipse adalah IDE yang dipakai untuk pemrograman android. Khususnya bagi pemula saya sarankan belajar dulu pake IDE Eclipse agar tidak mengalami kesulitan. Ada terkadang kebanyakan programer java datang dari NetBeans yang terkadang ketika beralih ke Android langsung pakai IDE Netbeans. Pengalaman saya pribadi, awal belajar saya pakai Eclipse. Eclipse tidak terlalu susah, anda cukup memfamiliarkan interface dan layoutnya saja.
·                 IDE Android Studio
Melihat perkembangan saat ini, Android Studio saat ini sudah menjadi official IDE untuk Android Development, artinya di web resmi Android Developer dikatakan kedepan nya direkomendasikan harus menggunakan IDE Android Studio. silahkan baca di : cek, kemudian library yang dikembangkan oleh developer diluar sana sekarang sudah banyak yang menggunakan gradle, jadi kalo mau make librarynya tinggal tambahkan url gradlenya, jarang yang menyediakan .jar atau project library, kalaupun ada project library secara default tidak akan bisa langsung digunakan di eclipse, karena perbedaan structure.
Namun Bagi anda pemula, jangan langsung pakai Android Studio, kemungkinan akan susah dalam pemahaman nya. apalagi dengan Spesifikasi Komputer yang minimun sekali,,bakalan hilang kesabaran.
·                 Pahami arsitektur android (design pattern, komponen)
Kenali apa itu android, website resminya memiliki informasi yang sangat berlimpah, mulai dari materi training, sampai materi untuk design apps android. Kita harus mengerti untuk membuat apps android itu ada aturannya misal design, apps terdiri dari apa saja komponennya, bentuk buttonnya seperti apa, kemudian kapan menggunakan tab layout kapan menggunakan navigation drawer. Untuk best practices android development bisa dibaca disini.
 ·                 Baca tutorial,ikut course, ikut group android programming
membaca tutorial, misal salah satu web yang mengupas android di AndroidHive, selain ituVogella juga memiliki banyak tutorial yang enak buat dibaca. Untuk course saya menyarankan ikut yang dari google link, course ini sangat bagus sekali, dengan penjelasan lengkap dan materi yang saya rasa dari level entry sampai level medium hard.
Selanjutnya gabung ke milis/groups/community, baik secara online maupun luring, google plus community adalah salah satu tempat bisa di kunjungi untuk update informasi terbaru mengenai android development, selain itu kaskus juga bisa (dikaskus lebih sering jawab pertanyaan daripada dapat informasi baru), lalu subreddit androiddev, dan GoogleGroup id-android.
·                 Gunakan IDE Eclipse jika mau belajar pemula jangan langsung menggunakan Android Studio
·                 Sering gabung di Grup, forum atau para Developer untuk banyak bertanya.

Mengapa android?
1.            Mempunyai Store Sendiri

Aplikasi Android bisa di distribusi kan menggunakan webcopy APK,dan store. Store Android, yaitu Google Play, merupakan cara termudah bagi para developer untuk medistribusikan aplikasi nya kepasar yang memiliki miliaran pengguna. Google play merupakan store resmi Android  yang dikelola oleh Google.Pengguna bisa mencari dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan Android Software Develop ment Kit.

2.      Mempunyai Development Kit untuk Developer

• Android Software Develop ment Kit (SDK) merupakan kit yang bisa digunakan oleh para developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android.
• Di dalamnya ,terdapat beberapa tools seperti debugger,software ,librariesemulator, dokumentasi , samplecode dan tutorial.

3.     Bahasa Pemograman yang mendukung

Bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android adalah Java.Namun ada beberapa bahasa lain nya yang dapat digunakan,seperti C++ ,Godan dan Kotlin

4.     Perkembangan    Android


Versi Android di awali dengan di rilisnya Android pada bulan November 2007.Versi komersial pertama , Android 1.0, di rilis pada September 2008. Android di kembangkan secara berkelanjutan oleh Google dan Open  Handset Alliance (OHA) ,yang telah merilis sejumlah pembaruan sistem operasi ini sejak di rilis nya versiawal.

Daftar versi android



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi 1 server, 1 router, 2 switch, 4 client

konfigurasi static & dynamic routing

TUTORIAL PEMBUATAN PCB LAYOUT MENGGUNAKAN APLIKASI DIPTRACE